ANALOGIKAN DIRI ANDA SEPERTI EMAS ! KARENA DENGAN BEGITU, MESKIPUN ANDA DI TEMPAT TERKOTOR ATAU COMBERAN SEKALIPUN, ORANG-ORANG AKAN MEMILIH DAN MENGAMBIL ANDA KARENA ANDA SANGAT BERNILAI

Pengenalan Teknik Kimia Industri (PTKI) Part I

Teknik kimia, bisa kita artikan per kata dimana "teknik" ialah rekayasa atau cara yang tepat. Kemudian kata "kimia" ialah suatu hal yang berhubungan dengan kimia dan zat nya. Jadi bisa disimpulkan bahwa teknik kimia ialah suatu cara merekayasa semua hal yang berhubungan dengan kimia dengan berdasarkan prinsip-prinsip dasar kimia. Pada bagian ini saya akan sedikit mereview tentang Teknik Kimia Industri dan dasar-dasar proses nya. 

Teknik kimia adalah profesi dimana pengetahuan tentang matematika, kimia dan ilmu pengetahuan yang lain, yg diperoleh dari studi, pengalaman & praktek diterapkan dengan pertimbangan untuk mengembangkan cara-cara yg ekonomis bagi penggunaan materi & energi untuk kepentingan manusia. 
Bidang teknik kimia berkaitan erat dengan proses-proses industri dimana bahan baku diubah atau dipisah-pisah sehingga menjadi barang berguna.

Parasarjana teknik kimia harus mampu mengembangkan, merancang, dan mengelola proses itu baik secara keseluruhan maupun mengenai peralatan yg digunakan. Ia harus memilih bahan baku yg tepat mengoperasikan pabrik dengan efisien, aman, selamat & ekonomis, serta menjaga agar supaya yg dihasilkannya sesuai dgn persyaratan yg dikehendaki pemakai. Oleh karena itu, sangat diwajibkan bagi lulusan teknik kimia harus mampu dan bisa memanfaatkan semua hal yang berhubungan dengan ilmu yang dipelajarinya untuk dapat merekayasa suatu produk kimia yang berguna bagi masyarakat.

Untuk lebih lengkap silahkan download materi kuliah lengkap PTKI (part I)